Mesin Cuci Dua Tabung

Friday, September 25th, 2015 - Mesin Cuci
Advertisement

Mesin Cuci Dua Tabung – Mesin cuci ialah salah satu kebutuhan rumah tangga yang tentunya sangat wajib dimiliki oleh para ibu – ibu rumah tangga. Dengan adanya mesin cuci pekerjaaan akan semakin mudah terutama dalam hal mencuci pakaian kotor. Mencuci sampai dengan mengeringkan pakaian bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana karena mesin cuci bisa bekerja dengan cara otomatis tanpa perlu menggunakan banyak tenaga dan waktu. Bagi sebagaian orang tentunya pekerjaan mencuci pakaian ini yang biasa dimulai dari merendam pakaian, mengucek, membilas, memeras serta mengeringkan pakaian ini menjadi pekerjaan yang sangat menguras tenaga berkat adanya mesin cuci maka saat ini proses tersebut semakin mudah dan ringan. Saat ini pekerjaan mencuci pakaian dapat dilakukan dengan cara yang lebih santai serta menyengkan karena telah ada mesin elektronik yang handal berupa mesin cuci. Bagi yang ingin memilih menggunakan mesin cuci saat ini tentunya perlu memilih produk yang diinginkan agar nantinya bisa mendapatkan mesin cuci sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Salah satu mesin cuci yang bisa dijadikan pilihan ialah mesin cuci dengan dua tabung.

Harga Mesin Jahit SingerMesin cuci dengan dua tabung sesuai dengan namanya ini, pada mesin ini memiliki dua tabung yang berjajar dengan posisi tegak dengan masing – masing tabungnya memiliki fungsi sendiri. Untuk tabung yang pertama ialah tabung untuk mencuci atau membilas pada bagian tabung pertama atau tabung cuci atua bilas yang memiliki fungsi sebagai proses mencuci dan membilas. Dalam tabung pertama ini terdapat bagian bawah yaitu peralatan dengan nama pulsator yang bisa digerakan oleh motor listrik. Proses mencuci dan membilas ini terjadi disebabkan karena adanya perputaran pulsator yang diputar menggunakan motor listrik sehingga pakain kotor yang telah diberi tambahan air dan deterjen ini akan mengalami perputaran sehingga semua cucian yang telah dimasukan pada tabung ini bisa berputar dengan air yang ada didalamnya. Hal ini membuat daya cuci sebab cucian seperti dikucek – kucek terutama jika putaran pulsator ini diatur dengan cara dua arah maka daya cuci akan semakin kuat, pakaian yang berganti arah ini seperti sedang disentak.

Mesin cuci yang terdiri dari dua tabung ini memiliki tabung kedua yaitu tabung yang digunakan untuk mengeringkan pakaian dan biasa disebut dengan dryer memiliki fungsi mengeringkan pakaian ang telah dicuci di tabung pertama. Tabung kedua ini memiliki lubang – lubang kecil yang bisa berputar, perputaran ini menggunakan motor listrik. Proses pengeringkan ini dapat terjadi sebab pada saat tabung pengering ini berisi cucian kemudian di putar dengan motor listrik menggunakan kecepatan yang tinggi akan menyebabkan timbulnya gaya sentrifugal yang dapat menekan cucian pada dinding tabung pengering serta melemparkan air dan keluar melalui lubang pada tabung. Pada mesin cuci yang memiliki dua tabung ini kecepatan putaran dari pulsator serta dryer ini tidak sama sebab masing – masing tabung digerakan menggunakan motor listrik serta sistem transmisi sendiri jadi mesin cuci dua tabung ini memiliki dua buah motor listrik.

Mesin cuci dengan dua tabung ini memiliki kelengkapan berupa panel control, beberapa panel control tersebut diantaranya ialah :

  • Wash / rinse timer merupakan peralatan yang digunakan sebagai pengatur waktu untuk proses pencucian atau pembilasan yang akan berlangsung.
  • Knop wash action ini memiliki fungsi sebagai pengatur pulsator yang dapat bekerja dengan putaran satu arah dan dua arah secara bolak – balik. Putaran ini memiliki fungsi masing – masing dan biasanya untuk putaran satu arah ini digunakan sebagai pencuci pakaian yang tidak begitu kotor sedangkan dua arah digunakan untuk mencuci pakaian yang sangat kotor.
  • Knop drain memiliki fungsi sebagai pembuang air yang terdapat didalam tabung pencuci dan pembilas ini, yang sudah tidak digunakan lagi.
  • Dryet timer merupakan peralatan yang digunakan sebagai pengatur waktu untuk proses pengeringan.

Mesin cuci dengan tipe apa saja tentu akan dilengkapi dengan adanya saluran sebagai pengalir air bersih yang nantinya digunakan sebagai proses pencucian serta selang yang digunakan untuk mengalirkan air limbah yang dibuang atau dikeluarkan dari mesin cuci.

Dalam mencuci pakaian menggunakan mesin cuci dengan dua tabung ini perlu menggunakan beberapa cara dan tahap yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan hasil pencucian yang maksimal. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan meisn cuci dua tabung maka berikut ini akan kami sampaikan beberapa proses pencucian yang perlu dilakukan yaitu :

  1. Pertama aturlah knop drain di posisi menutup, bukalah kran agar air bersih dalam mengalir kedalam tabung pertama untuk mencuci dan membilas ini. Isilah air sesuai dengan kebutuhan kemudian campurkan deterjen dalam air bersih dalam tabung pencucian.
  2. Jika sudah maka masukan pakaian yang telah dicuci dalam tabung pencucian jangan masukan pakaian yang terlalu banyak atau melebihi kapasitas dari mesin cuci sebab dapat menyebabkan mesin cuci rusak. Maka masukan pakaian sesuai dengan kapasitas yang disesuaikan agar dalam mencuci pakaian bisa lebih maksimal.
  3. Hubungkan stop kontak pada mesin cuci dengan sumber listrik jika sudah maka atur arah putaran pulsatir sesuai dengan kondisi pakaian yang dicuci. Jika sudah maka atur wash / rinse timer agar sesuai dengan kebutuhan.
  4. Jika waktu pencucian ini sudah tercapai maka timer akan mati dengan otomatis kerja dari pulsator sehingga proses pencucian juga berhenti.
  5. Aturlah knop drain di posisi membuka agar air yang digunakan untuk mencuci didalam tabung bisa mengalir keluar di saluran pembuangan.
  6. Pindahkanlah cucian pada tabung pembilas ini pada tabung kedua yaitu pengering, tutup tabung pengering serta atur dryer timer supaya sesuai dengan keperluan. Perputaran pada tabung pengering ini sangatlah tinggi sehingga jika dryer dibiarkan terbuka maka akan membahayakan penggunannya. Sehingga untuk pengamanan pabrik memasang switch yang bisa mengatur supaya dryer tidak bisa beroperasi jika tutup tabung dryer ini terbuka.
  7. Untuk menunggu proses pengeringan awal maka atur knop drain pada posisi menutup serta isi tabung pencucian dengan air sesuai dengan kebutuhan.
  8. Jika waktu proses pengeringan telah tercapai maka timer akan mematikan proses pengeringan.
  9. Bukalah tutup tabung dryer selanjutnya pindahkan cucian dalam tabung bilas.
  10. Atur kembali knop wash / rinse timer sesuai dengan keperluan. Selama proses pembilasan ini air dapat dibuang dengan membuka knop drain dan kemudian diganti dengan air bersih atau bisa juga membiarkan air bersih ini tetap mengalir sebab pada tabung pencucian ini ada lubang pelimpah jadi jika kelebihan air bisa keluar dari mesin cuci melalui selang pembuangan.
  11. Jika dirasa waktu pembilasan telah selesai maka timer akan mati dan berhenti beroperasi.
  12. Pidahkan lagi pakaian dalam tabung pengering, dan tutup kembali tabung pengering ini atur dryer timer sesuai dengan keperluan dan tunggu sampai proses pengeringan selesai.
  13. Jika timer pada mesin pengering telah berakhir maka buka tabung pengering dan keluarkan pakaian bersih, jemurlah untuk membuat pakaian kering sempurna.

Mesin cuci dengan jenis dua tabung ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan karena memang pada setiap produk akan diberi kelebihan dan kekurangan, berikut ini merupakan beberapa kekurangan dan kelebihan yang ada di mesin cuci terdiri dua tabung yaitu :

Kekurangan Pada Mesin Cuci Dengan Dua Tabung :

  • Penggunaan pada mesin cuci untuk dua tabung ini masih menggunakan bantuan manusia karena tidak sepenuhnya otomatis dalam pengoperasiannya misalnya saja pada saat memindahkan cucian dari tabung pencucian ke tabung pengering.
  • Proses pencucian seta pembilasan pada mesin cuci dengan dua tabung ini terjadu dengan memusarkan cucian dalam air maka pada pakaian berbahan tertentu ini bisa berubah bentuk, contohnya saja bahan kaos dengan bahan katun ini lengannya bisa lebar dan kancing bisa lepas.

Kelebihan Pada Mesin Cuci Yang Memiliki Dua Tabung :

  • Mesin cuci terdiri dari dua tabung ini dapat merendam serta mencuci dengan mendahulukan bagian pakaian yang sangat kotor misalnya leher, ujung lengan, ketiak, ujung kaki celana, pantan dan bagian lainnya.
  • Dapat menambahkan pakaian disaat proses pencucian berlangsung.
  • Waktu pencucian ini mulai dari pembilasan serta pengeringan ini sangat mudah diatur sesuai dengan keadaan cucian.
  • Harga mesin cuci jenis ini cukup terjangkau.
  • Jika terjadi kerusakan mesin pada salah satu motor listrik maka mesin cuci ini masih dapat digunakan. Seperti motor listrik penggerak pulsatot maka tabung dua masih bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian dan sebaliknya.

Mesin cuci dengan dua tabung ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan mesin cuci dengan harga yang terjangkau dengan fungsi mesin yang cukup baik terutama dalam mencuci pakaian, membilas dan mengeringkan pakaian yang kotor. Itulah tadi merupakan beberapa ulasan mengenai mesin cuci yang terdiri dua tabung dengan beberapa fitur yang ada, fungsi mesin, serta keungulan dan kekurangan yang terdapat pada mesin dua tabung. Semoga bermanfaat bagi para pembaca yang belum mengetahui cara penggunaan mesin cuci dua tabung. Sekian, semoga Anda bisa menemukan mesin cuci sesuai dengan kebutuhan untuk membantu mencuci pakaian dengan baik.

Mesin Cuci Dua Tabung | hargamesin | 4.5