Mesin Industri

Wednesday, September 23rd, 2015 - Mesin Industri
Advertisement

Mesin industri merupakan mesin yang digunakan untuk melancarkan usaha. Jenis mesin industri sangat banyak dan hampir semua usaha pada saat ini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin industri. Dengan menggunakan mesin industri usaha yang dijalankan bisa berjalan lancar. Penggunaan mesin industri juga harus dirawat agar mesin tetap terjaga. Untuk merawat mesin industri tidak bisa dilakukan sembarangan sehingga diperlukan beberapa cara untuk merawat mesin industri. Merawat mesin industri bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti beberapa diantaranya menjaga mesin, memelihara mesin, dan memaksimalkan fungsi mesin industri. Dengan merawat mesin industri maka kualitas produksi yang dihasilkan dengan menggunakan mesin industri akan mempunyai nilai tinggi.

Perwatan mesin juga tergantung dengan sarana dan prasarana dalam suatu industri yang dijalankan. Fungi perawatan mesin industri agar membantu kegiatan produksi semakin berjalan lancar dan tidak mengalami kendala apapun. Tugas utama perawatan adalah untuk melakukan pemeliharaan, perbaikan dari alat-alat, peralatan, mesin dan perlengkapanya serta semua unit yang berhubungan dengan proses produksi atau kegiatan dengan penggunaan  sarana prasarana tersebut. Beberapa kegiatan dalam merawat mesin industri bisa dilakukan dengan beberapa hal seperti berikut ini.

Perawatan Peralatan dan Perlengkapan

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan dalam merawat mesin industri yaitu dengan memelihara dan memperbaiki mesin yang rusah sehingga jika digunakan dalam usaha kondisi mesin akan selalu baik dan terjaga kualitasnya. Tindakan perawatan yang singkat waktunya adalah yang paling menguntungkan, baik dipandang dari segi institusi, perusahaan maupun dari segi pertanggung-jawaban yang harus dipikul oleh penguna tanpa mengurangi rasa tanggung-jawabnya serta ketelitianya dan kesempurnaan cara bekerjanya. Jika mesin idnustri mengalami kerusakan juga perlu dicatat agar menjadi dokumentasi untuk merancang mesin industri dengan kualitas yang lebih baik lagi.

Pergantian dan Distribusi Utilitas

Mesin industri digerakan dengan menggunakan olectromotor sehingga perlu dilakukan kegiatan pergantian dan distrubusi utilitas. Kebutuhan tenaga yang diperlukan untuk pengerak mesin industri adalah tenaga listrik. Beberapa pengelompokan kerja seperti bagian perbaikan dan pemeliharaan mekanik dan bagian pemeliharaan dan perbaikan kelistrikan. Namun dalam pergantian utilitas dimaksudkan antara lain; distribusi air pendingin, komponen, pelumas(oli). Kebanyakan hanya terlibat pekerjaan utilitas ini dan untuk menjamin kelancaran bekerja , akan lebih baik distribusi dan pergantian dari utilitas ini ditangani oleh bagian perawatan.

Inspeksi dan Pelumasan

Kegiatan inspeksi dan pelumasan merupakan kegiatan yang kedua-duanya merupakan kegiatan perawatan mesin industri yang harus dilakukan. Kegiatan inspeksi merupakan salah satu kegiatan mencari data-dat untuk meningkatkan kinerja mesin industri. Sedangkan untuk pelumasan adalah kegiatan pencegahan untuk menghindara kejadian keausan dalam bidang-bidang yang bergesekan. Pengontrolan oli pelumas yang digunakan harus tepat waktu ahar mesin tidak cepat rusak.

Selain merawat mesin industri yang harus dilakukan perusahaan dan pabrik seperti yang ada berikut ini:

  1. Penyimpanan persediaan bahan dan alat
  2. Penyimpanan barang yang tidak terpakai
  3. Perlindungan dari bahaya kebakaran
  4. Pengurangan suara dan polusi
  5. Penyimpanan dokumentasi dan administrasi pemeliharaan dan perbaikan.
  6. Pelayanan perawatan

Demikian tadi adalah beberapa perawatan yang bisa dilakukan dalam menjaga mesin industri agar penggunaanya bisa berjalan maksimal. Semoga saja dengan adanya kegiatan perawatan Anda semakin mudah dalam merawat mesin industri yang Anda miliki. Selain itu kinerja mesin juga bisa berjalan lancar dan usaha yang dijalankan juga bisa semakin sukses.

Mesin Industri | hargamesin | 4.5